Berita

  • Beranda
  • Berita
  • PENCANANGAN GERAKAN PEMBANGUNAN TERPADU PERBATASAN (GERBANGDUTAS) DI PLBN ARUK TAHUN 2021
PENCANANGAN GERAKAN PEMBANGUNAN TERPADU PERBATASAN (GERBANGDUTAS) DI PLBN ARUK TAHUN 2021
  • 18 Mei 2021

PENCANANGAN GERAKAN PEMBANGUNAN TERPADU PERBATASAN (GERBANGDUTAS) TAHUN 2021.

PLBN ARUK

KECAMATAN SAJINGAN BESAR KABUPATEN SAMBAS

09 April 2021

Kab. Sambas - Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2021 resmi dimulai pada 222 kecamatan perbatasan di 15 provinsi di Indonesia. Pencanganan Gerbangdutas 2021 dilakukan langsung oleh Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang juga merupakan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P ( Mahfud MD) dan Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., (Tito Karnavian), Jum’at (09/04/2021) di Perbatasan Aruk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Gerbangdutas adalah komitmen bersama dalam pengelolaan berandanegara dan sejalan dengan tujuan nasional NKRI yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat ” (Prof. Dr. M. Mahfud MD, SH, SU.,MIP)

Kegiatan pencanangan Gerbangdutas di gelar di PLBN Aruk, Kabupaten Sambas  juga menampilkan pameran pembangunan secara virtual daerah perbatasan serta peninajuan PMI PLBN .

Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D.,  dalam sambutannya mengatakan “Beliau (Presiden Jokowi) ingin agar semua kawasan inti dikelola dengan profesional dan kawasan pendukung ini menjadi kawasan pusat ekonomi yang bisa memberikan suplai untuk  masyarakat sekitar”.

Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji,S.H.,M.Hum Menyebutkan, Kegiatan Gerbangdutas ini diharapakan dapat menyentuh wilayah temajuk agar wilayah yang berdekatan dengan Aruk juga ikut meningkat perekonomiannya karena memiliki potensi hasil laut yang melimpah.